Modifikasi Yamaha Jupiter MX Drag

Rabu, 21 November 2012


Modifikasi Yamaha Jupiter MX Drag - Kreativitas memang tak pernah mengenal batasan, seperti pada trend Bore Up Yamaha Jupiter MX yang aslinya bermesin 135 cc. Kami menghadirkan tips modif drag dan bore up, untuk yang extreme seperti pada Bore Up Yamaha Jupiter MX 200 cc. Modifikasi Jupiter MX Drag bore up paling eksotis di tahun 2012, dan yang paling menyenangkan bagi kita. Telah beberapa motor mx harian kita desain menjadi 200 cc dengan piston berdiameter 65 milimeter. Pilihan jatuh kepada piston bm1, atau lebih praktis memakai blok x1r japan. Set blok x1r memiliki keunikan jalur radiator di bypass menggunakan selang-selang diluar blok yang meski tampak mengerikan tapi asyik. Air radiator tetep nyala. Motor aman buat touring keliling indonesia. Kompresi meningkat , kapasitas raksasa, karburator gambot, knalpot free flow, camshaft hi-lifter, apalagi diimbangi katub besar…!! Bayangkan sensasi performa motormu sekali seumur hidup.

Modifikasi Motor Jupiter MX Drag - Banyak pilihan dalam  Bore Up yamaha jupiter mx 150 cc Ini adalah pilihan pemula , alias bore up “biasa” , dengan mengubah konfigurasi piston lebih besar menjadi 57mm, maka ketemu perkalian kapasitas mesin 149,78 cc. Bore up paling aman, ga beresiko, pakai cylinder block set milik yamaha vixion. Istilah orang jaman sekarang Plug N Play. Pakai blok bore up aftermarket untuk 150cc ? Cari yang piston flat ukuran 58,5 mm, itu ketemu kapasitas mesin 155 cc. Lumayan lah buat tarik-tarikan stop n go. Cek ulang clearances antara piston dengan dinding liner. Imbangan porting dan camshaft diperlukan. Dibawah ini kami tampilkan tips bore up berbagai macam cc dan model kumpulan Gambar Modifikasi Motor Yamaha Jupiter MX Drag Terbaru 2012.








Bore Up Yamaha Jupiter MX 165 cc

Banyak opsi menawarkan blok mx bore up 165 cc, apalagi dulu, sudah jadi primadona blok dari thailand menyerbu pasaran, tips membeli blok bore up ini kudu 1 set dengan : Blok , piston, ring, pen, clip, dan gasket cylinder head serta blok. Pengecekan juga masih diperlukan meniliki kerenggangan piston terhadap liner. Memberi tambahan ekstra jalur oli di dinding piston layaknya piston izumi. 

Di tahap ini perhatikan betul masalah KOMPRESI, kubah ruang bakar jupiter mx tidak lebih dari 11 cc, artinya : perhatikan betul deck clearances piston, serta ketebalan paking cylinder head. Cylinder head bekas yang sudah terpasang memiliki ketebalan 0,4 mm, artinya menambah sumbangan 1.13 cc. Agar aman dipakai harian, kompresi harus kembali di kisaran 11 : 1.

caranya , masukkan ke rumus RK = V1 / V2 + 1.

11 = 165/v2 + 1

10 = 165/v2

v2 = 165 / 10.

v2 = 16.5 cc.

Nah, kekurangan 4cc ini bisa dibantu dari deck clearance, jaga agar piston memendam tidak kurang dari 1 milimeter dari bibir blok. Selain mesin lebih aman, tidak mudah jebol, getaran pada mesin lebih minim, suara mesin adem. Penyesuaian Porting , Noken as, penggantian suplai karburator, knalpot, disini sangat diperlukan.

Bore Up Yamaha Jupiter MX 175 cc.

Piston FU bisa dipakai untuk bahan modifikasi jupiter MX, dengan menyesuaikan ulang pin piston, mengatur ulang ketinggian piston dan menambah paking cylinder block alumunium setebal hampir 2 milimeter, membuat modifikasi menggunakan piston fu cukup rumit dilakukan.

Cara lebih praktis bisa memakai forged piston aplikasi merk TDR. Diameter 62 milimeter, piston lebih ringan, hmm… menggairahkan untuk melontarkan kruk as di dalam mesin yamaha MX. Pastikan engineer sudah sering melakukannya, karena resiko kebocoran akan terjadi jika salah menentukan tebal liner yang dipakai, serta kepresisian saat diatas meja bubut harus tepat persis kembali ke posisi standard bawaan motor. 

Mau praktis? Bisa pesan blok mx 175 cc  perbedaan 30 % volume silinder menjadikan mx super beringas melaju di jalanan .

Bore Up Yamaha Jupiter MX 185 cc

Piston tiger merk BM1 bisa dipakai, keunggulannya diameter extra besar namun pin piston masih sama dengan MX. Perlu diperhatikan ketika memakai piston-piston tipe umum, jarak top piston dari pinion harus dihitung tepat dalam mengatur deck clearances. Kemudian panjang piston, harus benar-benar aman tidak menumbur daun kruk as. Ketebalan liner tetap menjadi kunci keawetan kinerja mesin. Minimum ketebalan liner 2,5 milimeter. Atau diameter liner umumnya memakai 71 milimeter. Memakai liner diesel adalah pilihan bijak meski harganya sedikit mahal.

Demikianlah ulasan lengkap tentang Modifikasi Yamaha Jupiter MX Drag, kita bisa mendapat ide dan inspirasi dari bahasan diatas. Pada tema yang lalu kita telah membahas tentang modif motor 2 tak, yaitu Modifikasi RX King Airbrush. Semoga bermanfaat...

free7 network twitter technorati

0 komentar:

Poskan Komentar